Rabu, April 15, 2009

Instal Modem Sierra 881u Tanpa CD Driver

Siapa yang gak tahu tentang modem Sierra 881U di dunia maya? Nih salah satu modem populer lho, dengan harga yang terjangkau kita mendapatkan fitur yang sama dengan modem HSDPA yang lain. Bahkan nih modem dah support HSUPA (4 G)lho, walaupun di Indonesia belum ada jaringannya he..he... :). Harus nunggu berapa lama yah kita bisa menikmati 4G (yang 3G aja belum merata di seluruh Indonesia). Ok deh, saat ini kita gak usah mempermasalahkan jaringan dulu, mendingan bahas seluk beluk nih modem aja deh..

Hal pertama yang wajib ada untuk instal nih modem adalah yah modemnya itu sendiri, betul gak? Anggap aja deh modemnya dah ada, klo belum silahkan beli dulu or baca-baca nih postingan juga gak dilarang koq. Kita bisa lho nginstal nih modem tanpa CD driver. Sebenernya di modemnya sendiri dah ada file installernya lho, so gak usah bingung klo lagi ke komputer lain pengen nginstal nih modem. Mau tahu gimana caranya, yuk bareng2 kita baca:

  1. Colokkan modem tersebut ke slot USB laptop or PC Anda (jangan salah colok yah, ntar bisa batal fatal).
  2. Tunggu hingga muncul program autoinstaller dari AT&T Communication manager --> klik setup, ikuti petunjuk selanjutnya hingga muncul tombol "instal"
  3. Klik aja tuh tombol "instal" dan Anda dapat minum kopi or makan cemilan dulu soalnya lumayan lama prosenya (jngan ampe ketiduran yah..)
  4. Setelah penginstalan selesai akan muncul dialog peringatan untuk merestart PC/Laptop, lakukanlah restart biar instalasi berjalan sempurna.
  5. Restart udah yah, tinggal jalanin tuh program dengan cara klik "start" --> AT&T --> Communication Manager
  6. Tunggulah hingga muncul dialognya, Karena pertama kali dibuka jadi Anda harus memasukan parameter APN operator yang akan Anda gunakan.
  7. Klik "Connect" tunggulah hingga anda terhubung ke internet bila terlalu lama, restart program tersebut dan coba kembali.
Perhatian! bagi yang sudah pernah nginstal modem ini menggunakan CD driver maka diwajibkan untun menguninstalnya dahulu hingga bersih dan lakukan restart. Setelah itu barui deh nginstal ulang nih modem tinggal colok langsung keluar deh autoinstallernya.

Sebagai tambahan saya akan memberikan dua contoh parameter APN operator di Indonesia, klo ada yang menambahkan Alhamdulillah.

Parameter Telkomsel Flas Reguler
APN: flash
username: (dikosongkan)
password: (dikosongkan)
dial: *99***1#

Setting Telkomsel Flash Unlimited dan Telkomsel Unlimited
APN: internet atau telkomsel
username: (dikosongkan)
password: (dikosongkan)
dial: *99***1#

Setting IndosatM2
APN: indosatm2
username: (username Anda)
password: (password Anda)
dial: *99#


5 komentar:

  1. Aku bingung neh Pak, aku barusan instal sierra 881U pake M2 diwondows vista tp menurutku ada yang aneh. Anehnya gini, klo udah konek tp gak digunain untuk browsing ato apapun sama sekali tiba2 koneksi putus alias off sendiri bahkan untuk konek lagi musti restart PC tp klo digunain trs menerus seperti live update windows ato browsing sampe berjam-jam sama sekali gak ada masalah. Kr2 problemnya apa ya? Dl aku pernah pake speedy tp klo dah konek gak diapa2in jg gak masalah.
    Mohon bantuan pemecahan masalah ya Pak..
    Tks

    BalasHapus
  2. mantap info ny. salam knal.

    BalasHapus
  3. HSUPA itu bukannya 3,75G ya?

    Rasanya walau pun ada 3G saja kita ga bisa menikamtinya, karena masih sangat mahal, belasan hingga puluhan juta perbulan untuk paket unlimited.

    Kalau pakai flash atau broom dapatnya cuma up to xxxkbps (itu mah masih 2G)

    BalasHapus
  4. mas punyaku kok dah tak colokin ke usb tetep ga mau keluar auto instalernya ya...kira2 problemnya apa tu mas...soalnya cd driver sirra 881u punyaku ilang...

    BalasHapus
  5. Jual murah 881U di www.duniamodem.com hanya 399ribu

    BalasHapus

Bisnis di Internet

 

| Mahawira |