Kamis, Februari 05, 2009

Pilih mana..?

Dalam setiap aktifitas e-bisnis, kita pasti membutuhkan suatu alat pembayaran digital dalam bertransaksi. Alat pembayaran digital ini disebut sebagai e-Currency yaitu alat pembayaran yang sah dan diterima secara umum di seluruh dunia, misalnya Credit Card. Namun pemakaian credit card melalui media internet masih banyak memunculkan masalah terutama tingkat keamanannya, apalagi Indonesia sekarang sudah dalam kondisi terblacklist oleh sebagian besar merchant-merchant internasional karena tingginya angka carding atau penyalah gunaannya di Indonesia.

Nama-nama seperti e-gold, Liberty Reserve, webmoney, pecunix, PayPal, AlertPay, mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita (apalagi para netter yang menggantungan hidupnya pada IT). Beberapa orang ada yang kebingunan memilih e-curency yang cocok bagi dirinya, ada pula yang memiliki semuanya (wah serakah banget yah, but itu gak dilarang koq). Oleh karena itu, bagi blogger yang masih bingung sesuaikan saja dengan kebutuhan kita, misalnya untuk PTC pasti tidak menggunakan Paypal lagi, dll mana yang lebih cocok. Oh yah, hingga saat untuk pembuatan account e-gold tidak bisa dilakukan karena adanya pembenahan manajemen (katanya sih, tapi pastinya yah intinya bermasalah lah) dan untuk e-bullion sudah tidak dapat digunakan lagi (entah mengap demikian).

Saat ini yang sedang naik daun yah PayPal sebagai e-curency favorit luar negeri khususnya eBay, AlertPay biasany digunakan untuk pembayaran PTC misalnya bux.to, kemudian Liberty Reserve (LR) lebih populer digunakan untuk trading di valas (forex) walaupun bukan hanya itu saja sih.

Pastinya setiap e-curency memiliki keleban dan kekurang tersendiri dan proses pendaftaran dengan persyaratan yang berbeda. Contohnya PayPal harus menggunakan kartu kredit pribadi untuk verified akun, AlertPay menggunakan gambar scan ID (KTP, SIM, Paspor, dll) dan billing statement (tagihan kartu kredit, bank, rekening listrik atau tagihan telepon yang ditujukan ke alamat Anda), sedangkan Liberty Reserve tidak mempersyaratkan apapun hanya saja proses pendaftaran login harus melewati beberapa step yang lumayan panjang n lama demi keamanan akun kita tentunya dan Anda harus selalu mengingat Password, login PIN dan Master code yang telah dimasukan. Adapun step by stepnya prosedur dan pendaftaran sepertinya dah pada tahu yah, so gak usah dijelasin lagi, ok..?


0 komentar:

Posting Komentar

Bisnis di Internet

 

| Mahawira |